Monday, February 26, 2018

Review Kota Mini (Bandung) Lengkap (+ Vlog & Tips)!

HAIIIIII!! 

SS (SatyaSavitri) Fams akhirnya diajak pak kapten (read: pak suamik) jalan2. Mungkin dese takut istrinya macem neng Alpa, gegara gak pernah diajak jalan trus viral curhat di sosmed, hihihiihi.. 

Yeayyy, jadilah gw milih ke Kota Mini, secaraaaaaa....mau menghibur kapten cilik kita (abang) yang sebulanan ini merengut muluk gara2 ngedekem doang di apartemen. Yak namanya juga baru pindahan kesindang (ke Bandung) jadilah semua kegiatan2 mulai dari nol lagi. Mulai sekolah pun masih lama (Juli yess). Smangat ya abang!  *cipok basah*


Our vlog for Kota Mini - Lembang:
Don't forget to like and subscribe ya! 
Subscribe to our youtube channel: Satyasavitri 



Sampelah di Kota Mini, pas mau masuk areal parkir mobil kita diberhentiin sama mas2 (atau Aa'? Ceileh aa') ternyata ada tiket masuknya diitung per orang. Sempet ngerut sih jidat eyke biasalah emak2 irit, lah blom masuk ke loket kok dah dimintain bayar tiket masuk. Tapi yoweslah. Kita diitung 4 tiket (Abang, bapakke, gw, cus Eka) adek gak diitung. Harga tiket masuknya 20rb/orang, jadilah totalnya 80rb. Bayarrrrr! *lempar dompet ke bapakke* TSAH.


Abis parkir (yang alhamdulillah cukup luas), karna kita brangkat pagi2 sampe sana ga terlalu crowded ya. Tadinya deg2an jugak karna kmaren pas ksana hari Minggu, takut crowded jadi gak puas explore-nya. Wawh first impression sampe di gerbangnya: berasa di Eropa! Sok tau ye, padahal mah blom pernah kesono . Ya gapapalah, kalo yang blom ke Eropa, ksini aja trus poto2 selfie yang banyak! 
LET'S POSE.
POSE.
POSE!!


Gerbang Kota Mini







Tiket yang tadi kita bayar di areal parkir, bisa ditukerin welcome drink: lemon tea/milo/orange juice/coffee latte. Nukerinnya di kios minuman di sebelah kanan pintu masuk Kota Mini. 


Nuker kupon minumannya dsini yak

POSE!!

Abis puas poto2 wefie disindang (wajib dong yess) lanjutlah kita naek ke tangga itu mau masuk ke Kota Mini. Ternyata ada loketnya lagi. Well well, ternyata bayar lagi untuk masuk. Bayi diatas 6bulan udah harus bayar, jadi kita diitungnya 4orang lagi (karna adek baru umur 5bulan). 


Loket pintu masuk Kota Mini


Harga tiket masuk Kota Mini

Tiket Masuk Kota Mini:
Anak-anak (minimal 6bulan) - dewasa: 25,000/orang
Tiket terusan : 98,000 (untuk 5 wahana), blom termasuk tiket masuk
Per wahana: 25,000





Jadilah kita bayar untuk 4 orang (abang, bapakke, gw, cus Eka): 4 x 25,000 = 100,000. Trus bayar lagi untuk tiket terusan abang: 98,000. Jadi totalnya 198,000. Okeh, sampe sini gw dah kepikir kok bayar tiketnya 2x ya. Hmmm  *mulai lemes buka dompet* 




Masuk ke pintu masuk Kota Mini-nya kita dicap di tangan (macem di Dufan) sebelom masuk ke area Kota Mini. Pas masuk....bengong. Langsung ilang rasa takut rugi-nya gw sebagai emak2, ga rugi sik bayar 2x, secaraaaa dalemnya bagussssssssssss banget, kanan kiri tu baris deh bangunan2 mini yang warna warni pastel. Desainnya lucuuuu unyu2 banget! Emang di-desain total dan beda2 untuk masing2 bangunan. 


Yaampun ada vespa mini!!

Bersih, desainnya minimalis & nuansa Eropanya kerasa banget. Udara sejuknya Lembang juga mendukung ya, meskipun ga sedingin di Eropa (yakalee ngarepin turun salju)  Sepanjang gw jalan di jalanan utamanya gemes gemes banget liat desain bangunannya, semua serba mini! Sampe ada vespa mini, pom bensin mini, baby box mini dan segala macem yang mini2 deh! Semua pojokannya sangat sangat instagrammable, ga bakal capek deh pose dan ceklak ceklik jepret jepret!  Ini mah surga kecilnya bocah2 ya, jadi kezel dulu jaman gw bocah knafa ga ada tempat macem bginian yak. Huhuuhu.. *nasip generasi 90an* 

Mini Bakery, untuk profesi sebagai pembuat kue

On Air, untuk profesi sebagai penyiar radio

Bear House, ayooo yang mau selfie sama teaddy bear jumbo?

Bisa sewa kostum ala2 Eropa juga ya macem ibuk2 ini. Sayangnya kadar pede gw blom mumpuni buat coba 


Mau poto2 dimana sampe bingung. Smuanya unyu2!

Cooking class, untuk profesi sebagai chef

Sweet factory. untuk profesi sebagai pembuat gulali


Ada farmer's market jugak
The gift shop
Salon mini - serba pink! 

Fire dept. untuk profesi sebagai pemadam kebakaran

Pom bensin mini!!


Science centre didalam ruang kaca

Semuanya unyu!
Post Office untuk yang berprofesi sebagai staf kantor pos? (not so sure)
Baby Clinic - untuk yang berprofesi sebagai dokter dan perawat bayi. Emeshhh banget liat baby box-nya 

Nah kan nah kannnnnnnn bikin pengen selfie terus di semua tempat, setiap pojokan pun lucu2 semuaaaa. Kayak ga ada pojokan2 yang failed deh, smua favorite spot buat foto2. Abis lucu semuaaaa! Wah beneran deh selfie addict yang ksini bisa2 sampe tempatnya tutup ga puas2 sik foto2nya, emang sih areanya ga terlalu luas tapi.....kliatan seru banget untuk menjelajah setiap bangunan2 mininya jadi ya ga kerasa bosen sik. Mantab!


Beberapa wahana/bangunan yang ada dsini:
- Science centre
- Police dept.
- Fire dept.
- Post Office
- On air
- Salon
- Bear House
- Baby clinic
- Mini bakery
- Cathouse
- Gempa
- Costume house (peminjaman kostum bergaya Eropa untuk orang2 dewasa)

Abang udah excited mau nyobain jadi polisi, masuk deh ke Police Dept. Eh karna kita dateng masih pagi, blom ada anak2 lain yang masuk situ. Jadilah abang cembeyut manyun ga mau maen jadi polisi karna (seperti biasa) dia maunya main kalo ada temennya. Yoweslah, bujuk2 rayu akhirnya abang mau juga maen di Playground dulu sambil nunggu siangan agak rame jadi bisa maen jadi polisi bareng anak2 yang lain. Alhamdulillah playground-nya asik banget! Dari 5 wahana tiket terusan tadi, disobeklah satu buat masuk Playground ini, jadi jatah masuk wahananya tinggal 4 lagi. 

Pintu masuk Playground


Tuh keasikan maen gamau brenti sampe kemringet smua si abang. Pasti acem tuh! 


Bisa ngawasin abang maen dari kursi panjang foodcourt yang persis di sebelah playground

Cah lanang masuk playground, gw lanjutlah clingak clinguk nyari tempat duduk pewe skalian nyari cemilan dong (hidup cemilan!!). Eh ternyata lurus aja dari playground ada foodcourt yang luas plus ada gazebo2 jugak, nah dsini juga kita bisa nukerin tiket masuk di loket tadi buat dapetin snack.


Foodcourt, jajanannya cukup banyak pilihan menunya





Mejeng dolooo

Banyak gazebonya. Pewe yak buat duduk2 sampe ketiduran juga bisa!


Gazebo-nya cukup bersih


Pilihan makanannya yang didalam foodcourt

Mbak2 kasir yang bikin eyke pnasaran karna pelit senyum 

Nah kan cemilannya lengkap, nah kan tau aja yak busui ni ga bisa brenti ngunyah   Pesennya di gubug2 nya, pembayarannya di kasir yang di tengah itu yah. Gemesss deh kok mbak2 kasirnya ga senyum2 padahal eyke dah bolak balik bayar ini itu, abis pnasaran kok ga disenyumin daritadi (weekk, halesan! Emang tukang jajan ajah ).


Akhirnya abang mau juga pindah dari playground ke Fire Dept buat nyobain jadi pemadam kebakaran. Yeaaayyy akhirnya tugas bapakke nemenin (daddy's duty!) emakke? Di foodcourt aja ngadem leyeh2 sampe ngantuk2 gara2 semilir anginnya asoyyy banget bikin  mood bobok bergejolak manjahhhh *zzzzzz*


Pose cantik dulu sambil nungguin abang main


Adeknya ga bisa main apa2 dsini yowes nyablek2 sapu tanganmu aja ya nak 
Mau jadi pemadam kebakaran kok ga smangat, abang? 


Abang siap beraksi memadamkan api! 

Abang beraksi memadamkan api!


Total banget kan setting-nya. Lengkap pake suara nguing2 yang mendengung, dan ada korban didalam kaca yang melambai2 minta ditolong 

Jadi ilmuwan mini di Science centre 

Yeayy bikin slime!
Dapet temen baru di pemancingan ikan mini 
Kalo dah gini susah diajak pulang nih 


Nyobain ini itu cah lanang, emakke, cus Eka dan adek tetep stay disindang ajah. Kursi panjangnya pewe buat gantiin diapers jugak (secara ga ada nursery room ), dan hujan yang terang-rintik2-deras daritadi. Ga kerasa udah Ashar, weleh udah sore aje, abang juga dah mulai lowbatt (energinya dah mulai abis gituh) jadilah kita mutusin pulang. 


Sebenernya area Kota Mini ini ga terlalu luas, tapi kalo diliat secara keseluruhan Floating Market (Kota Mini adalah bagian dari Floating Market), area totalnya luaaaaaaaaaaaaaaaaaaaassss banget! Kota Mini ini persis sebelahan sama Rainbow Garden (masuk bayar lagi ya), trus ada tangga buat turun ke Floating Market, wahhh itu sih luaaasss banget! Ada Taman Kelinci, Miniatur Kereta Api, kampung Leuit, dan banyaaaaaaaaakk lagi! Ga bakal selesai sih satu hari kalo mau jelajahin smuanya. Gw dah niatin sih buat jelajahin satu satu, nanti kalo kesampaian gw share lagi review-nya dsini yak, skalian nge-vlog lagi yesss  *kuatin niat, mari kepalkan tangan


Review total look dari kita tentang Kota Mini ini:
Apa sih Kota Mini itu?
Area yang kental nuansa Eropa-nya, bangunannya bener2 mini dan warna warni lengkap dengan pernak pernik mini juga didalemnya. Anak2 bisa bebas explore segala macam profesi dsini: polisi, pemadam kebakaran, perawat, dokter, staf salon, chef, pembuat kue, penyiar radio, ilmuwan, staf kantor pos, dan banyak lagiii. Totally a heaven on earth for the kids 

Kenapa Kota Mini ini beda dari yang lain?
Konsepnya unik, desainnya benar2 total untuk masing2 bangunan sesuai dengan temanya masing2. Perlengkapan untuk anak2 yang main didalam bangunannya masing2 juga lengkap dan mumpuni. Misalnya mau maen jadi polisi, ya disediain baju seragam polisinya, topinya, penjaranya juga ada buat penjahat2 yang berhasil ditangkapin sama polisi2 kecil ini. Kebayang kan kalo anak2 cewe mau maen di salon atau di baby clinic misalnya, pasti gemesin banget kan liat mereka mainin pernak pernik di dalemnya? *emesssshhhhhh* *ga sabar ajakin adek ksini lagi 2taun lagi maybe?*

Kapan waktu yang tepat buat kesini?
Sepagi mungkin deh, minim macet dan kurang juga crowded-nya jadi anak2 bisa lebih nyaman. Oh iya mending pas musim panas aja ya, kalo musim ujan kayak kmaren kesian juga anak2 yang pada main karna mostly wahana/bangunannya kegiatannya outdoor (untuk anak laki2).

Siapa yang tepat dibawa ksana?
Anak2 yang paling bisa menikmati semua wahananya sebaiknya dari umur 2-12taun sih (IMHO) karna bener2 ga ada wahana untuk baby ataupun buat anak2 yang lebih gede. Sebaiknya jangan bawa lansia ksini ya, kesian jalannya cukup sempit bisa ketabrak2 sama anak2 yang heboh lari sana sini, trus hampir smua tempat istirahatnya ya outdoor.

Baby Friendly:  (out of 5)
+ Areanya cukup bersih
- Jalanan utamanya sempit untuk yang bawa stroller
- Ga ada nursery room
- Suhu udara cenderung dingin buat baby

Kids Friendly:  (out of 5)
+ Sarananya sangat mendukung untuk anak anak bebas main dan explore sekitar
+ Keluar masuk area aman, karna ada penjaga di gerbang (pagar)
+ Ada playground yang cukup luas persis disamping foodcourt. Jadi buibu dan bapak2 bisa makan sambil intip2 anak2 yang main di playground
+ Area bermainnya bersih 
+ Setiap wahana sangat detail menampilkan suasana yang total untuk masing2 tema. 
+ Sangat edukatif untuk memahami peran masing2 profesi
+Pilihan menu makanan di foodcourt dan kios2 sangat disenangi anak anak
- Ga ada toilet khusus untuk anak anak
- Toiletnya kurang bersih (yang dalam area Kota Mini)
- Pilihan wahana untuk profesi kurang banyak (misal: pilot, teknik, konstruksi, dll)

Nursing Friendly (Busui):  (out of 5)
+ Ada kursi2 panjang dan gazebo untuk mojok kalo mau nyusuin
+ Area foodcourt cukup bersih untuk istirahat 
- Ga ada nursery room
- Ga ada fasilitas untuk mengganti diapers

Total Review Kota Mini:  (out of 5)
+ Kalo hujan bisa langsung neduh di bangunan2 mini di kanan kiri jalanan utama
+ Area bermainnya cukup bersih
+ Suasananya sangat menyenangkan untuk anak anak
+ Jajanannya banyak, menunya juga favorit anak anak; burger, kentang goreng, mie, es krim, dll
+ Bebas foto foto. Mau pake hape, kamera SLR sampe drone juga boleh!
+ Sangat sangat instagrammable. Bukan cuma surga untuk anak anak, tapi juga surga buat para selfie addict.
+ Ga becek meskipun hujan, karna areanya full pavling blok dan rumputnya juga rumput sintetis
- Musholanya yang terdekat kecil (mushola karyawan), mushola besarnya jauh (di Floating Market) kira2 5-10 menit jalan kaki
- Toilet yang didalam area Kota Mini kurang bersih, toilet yang lebih bersih ada di depan (dideket area parkir)
- Harga makanannya cukup mahal. Ada beberapa yang gak sesuai sama harga di menu (lebih mahal), dan pas didepan kasir kena tax lagi 10% (wakwaaaww! )
- Ga bole bawa makanan dan minuman dari luar. Jadi ya siapin dana lebih untuk makan dan jajan didalam yak.
- Baby diatas umur 6 bulan kena charge tiket masuk, padahal didalam area Kota Mini ga ada wahana atau fasilitas yang baik untuk baby.


Tips berkunjung ke Kota Mini untuk keluarga dan anak2 (ala SS):
1. Brangkat sepagi mungkin.
Ini untuk minimalisir macet, memudahkan cari parkir juga yesss, enak banget kalo dapet parkir depan gerbang Kota Mini kayak kita kmaren.
2. Untuk yang bawa baby, gausah bawa stroller, pake gendongan aja.
Jalanan utamanya sempit, jadi kalo bawa stroller ribet juga apalagi pas lagi jam penuh2nya. Kmaren liat buibu yang pada dorong stroller pada bingung cari jalan diantara anak2 yang lari2 sana sini dan perawat2 cilik yang juga sibuk dorong2 box baby mini. Hihihi..
3. Kalo bisa kesini pas musim panas.
Emang sih ada beberapa wahana yang indoor, tapi lebih nyaman kalo kesini pas gak hujan ya. Karna anak2 bisa bebas explore semua wahana, bisa loncat dari satu wahana ke wahana lain. Tempat duduk yang indoor juga ga terlalu banyak, jadi kalo hujan repot juga neduhnya.
4. Siapin baju hangat buat anak anak.
Meskipun siang, semilir anginnya tetep sejuk sih (ya namanya juga di Lembang yes). Jadi paling aman anak2 disiapin baju hangat juga ya.
5. Bawa baju ganti.
Penting benget inih. Bawain baju ganti ya buat anak2, karna saking hebohnya bisa kemringet banget deh bocah2 abis main (abang kmaren brobyos dari kepala sampe punggung) padahal udaranya sejuk ya. 
6. Siapin dana lebih untuk makan dan jajan.
Karna ga dibolehin bawa makanan dari luar, jadi terpaksa kmaren ni gw sekeluarga ya makan siang dan jajan2 di area foodcourt dan kios2nya. Harganya mayan mihil sik buat kita, rasanya so-so tapi menu2nya emang favoritnya anak2. Jadi gausah worried anak2 bakal susah cari makanan didalem ya.
7. Bawa kamera profesional atau hp yang kameranya bagus.
Dsini emang tempatnya buat foto2 sepuas2nya. Semua pojokannya instagrammable! Jadi jangan sia2in ya, harus banget poto2 di semua tempatnya buat dipajang di medsos yess? 
8. Untuk yang bawa baby, bisa pilih duduk di gazebo sekitar foodcourt atau di kursi2 panjang, karna ini tempat yang paling pewe dan memungkinkan untuk kalo harus ganti diapers atau mau nidurin baby.


Well, itu dia review kita kali ni. Kalo temen2 ada ide atau masukan untuk tujuan review kita slanjutnya, tulis di komen dibawah ya! Diutamain yang di Bandung dulu yak, secara kita dah pindahan ksini dan pasti banyaaaaaakkk banget spot2 kueren bin mantab yang blom kita datengin 


See you on our next review & vlog yes!

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kota Mini, Bandung
Alamat: Jalan Grand Hotel no. 33E, Lembang, Bandung Barat
Buka: Setiap hari jam 9pagi - 8malam
No. Tlp: (022) 2787766 (Floating market)
--------------------------------------------------------------------------------

Disclaimer:
Semua review di halaman ini adalah penilaian pribadi penulis. Apapun yang ditulis disini tidak berniat untuk menyinggung pihak manapun atau siapapun.

No comments:

Post a Comment